Belum Terlambat, Kenali 7 Amalan Ini Pahalanya Mengalir Walaupun Kita Sudah Meninggal [Rugi Jika Tidak Tau]

Hadits paling populer tentang amal jariyah yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Apabila anak Adam (manusia) meninggal dunia, maka terputuslah semua (pahala) amal perbuatannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak saleh/saleha yang mendoakannya." 

Berikut 7 amalan yang pahalanya terus mengalir sekalipun seseorang mengalami kematian. Dari Anas radhiallahu 'anhu (RA), Rasulullah SAW bersabda, ada tujuh pahala yang terus mengalir diterima seseorang selepas matinya, yaitu :
  1. Orang yang mendirikan masjid, ia akan mendapat pahalanya selagi masjid itu digunakan orang untuk beramal di dalamnya. 
  2. Orang yang mengalirkan air sungai, maka ia mendapat pahala selagai ada orang yang memanfaatkan airnya. 
  3. Orang yang menulis mushaf Alqur'an akan mendapat pahala bagi orang yang membacanya. 
  4. Orang yang membuat sumur selagi ada orang yang menggunakannya. 
  5. Orang menanam tanam-tanaman selagi ada yang memakannya baik dari manusia atau burung. 
  6. Orang yang mengajarkan ilmu agama dan diamalkan oleh orang yang mempelajarinya. 
  7. Orang yang meninggalkan anak saleh yang senantiasa mendoakan orang tuanya dan beristighfar untuknya setelah wafat. Apabila anak diajarkan ilmu Alqur'an, maka orang yang mengajarnya akan mendapat pahala selagi anak itu mengamalkannya tanpa mengurangi pahala anak itu sendiri.
Jika kita tidak mampu, minimal kita sebagai orang tua meninggalkan anak yang saleh (No.7). Menurut Ustadz Adi Hidayat berikut ini penjelasan beliau (mohon dilihat sampai selesai) :


0 komentar:

Posting Komentar