Rabu, 08 Januari 2020

Mohonlah Ampunan dan Rahmat kepada Pemberi Rahmat Yang Paling Baik

"Ya Rabbku berilah ampun dan berilah rahmat, dan Engkau adalah pemberi rahmat yang paling baik (QS. AL-Muminun/23: 118)

Allah SWT memerintahkan Nabi-Nya untuk memohon dua permononan yang sangat penting yaitu: memohon ampunan dan meminta rahmat, seraya bertawassul kepada-Nya dengan tawassul yang paling utama yaitu bertawassul dengan nama-nama Allah SWT yang indah yang tidak lain adalah Asmaul Husna.

lbnu Katsir berkata: "Ini adalah arahan dari Allâh agar berdoa dengan doa ini. Bila disebutkan kata al-ghafru (ampunan) maka maknanya adalah penghapusan dosa dan menutupinya dari orang-orang. Sedangkan rahmat maknanya adalah Agar Allah meluruskan langkahnya dan memberinya taufiq (mendapatkan bimbingan dari-Nya) dalam perkataan maupun perbuatan.

Arti doa ini adalah: Ya Rabbi, tutuplah dosa-dosaku; ampunilah dengan ampunan dan maaf-Mu dan berilah aku rahmat, yaitu Engkau meluruskan langkahku, memberiku taufiq dalam perkataan dan perbuatan.

Permohonan ampun lebih didahulukan dalam doa Sebelum permohonan rahmat, dengan ampunan akan hilanglah hal-hal yang buruk; mengingat dosa-dosa yang membinasakan mendapat penghapusan. Dengan rahmat akan tercapailah apa yang diidam-idamkan berupa nikmat-nikmat duniawi dan ukhrawi (As sunah)

0 komentar:

Posting Komentar