Jumat, 17 Januari 2020

Apakah Membaca Al Ikhlas 3 kali dianggap telah mengkhatamkan Al Quran?

Apakah orang yang membaca Surat al-Ikhlas setiap malam sebanyak 5 kali dianggap telah mengkhatamkan al-Qur'an seluruhnya? Syaikh Shalih Fauzan al-Fauzan hafizhahullah menjawab:

Dalam Surat al-Ikhlash terdapat keutamaan agung. Di dalam sebuah hadits yang sah dari Nabi disebutkan bahwa Beliau bersabda: "Demi Dzat Yang jiwaku berada di tangan-Nya! Sungguh dia itu (Surat al-Ikhlash) benar-benar sepadan dengan sepertiga al-Quran" (HR. al-Bukhâri, dalam Shahihnya, no. 5014 dan no 6643).

Keutamaan itu dikarenakan surat tersebut mengandung penyebutan sifat Allâh Di dalamnya terdapat keutamaan yang besar, dan orang yang membacanya juga mendapatkan keutamaan besar. Akan tetapi, bukan berarti orang yang membacanya, mencukupkan diri hanya dengan-membaca surat itu saja dan mengulang-ulangnya akan sama dengan orang yang membaca seluruh al-Quran. Orang yang membaca al-Quran seluruhnya, ia mendapatkan pahalanya, dan ia pun secara otomatis telah membaca Surat al-lkhlash sehingga iapun berhak mendapatkan pahala membaca surat ini, dan juga pahala membaca al-Quran seluruhnya. Nabi telah bersabda:

"Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah, maka dengan bacaannya tersebut ia mendapatkan satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan itu dilipatgandakan sepuluh kali lipat (penggandaan minimal). Aku tidak mengatakan: alif lâm mim itu satu huruf. Akan tetapi alif itu satu huruf lám satu huruf, dan mim satu huruf" HR. at-Tirmidzi, disebut dalam al-lâmi' no 2910, dan Shahih al-Jami' no 6345, 2673.

Jadi, membaca Surat al-lkhlas saja tidak bisa sama dengan membaca al-Quran seluruhnya. Ya, orang yang membacanya bisa meraih pahala dengan membacanya, namun tidak seperti orang yang membaca al-Quran seluruhnya.

0 komentar:

Posting Komentar