Jumat, 17 Januari 2020

Inilah Doa Nabi Ibrahim sehingga sholatnya tetap terjaga

Ya Rabbku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Rabb kami, perkenankanlah doaku (QS. Ibrahim/ 14: 40). Ini adalah doa Nabi lbrahim alaihissalam; doa yang sangat agung: mengingat shalat merupakan tiang penyangga agama ini. Di antara faidah dari doa ini adalah:
  1. Pentingnya shalat, di mana shalat disebutkan secara khusus. Dan agar seseorang menjaga shalat, dan menegakkan batasan-batasannya. Dengan demikian seseorang akan tetap tegar kokoh di atas Islam dan menetapi hukum-hukumnya

  2. Urgensi tawassul dengan menyebut Rububiyyah Allâh saat berdoa, yaitu dengan mengucapkan Ya Rabb. Karena di antara sebab dikabulkannya doa adalah bertawassul kepada Allah dengan Rububiyyah-Nya. Dengan Rububiyyah Alläh lah terwujud penciptaan dan pengaturan alam semesta.

  3. Pentingnya berdoa dengan memohon secara mendesak dan meminta dengan sangat. Dan itu di antara sebab agung yang membuahkan dikabulkannya doa. Dalam doa tersebut kata Ya Rabb diucapkan berulang: yang menunjukkan doa ini dipanjatkan dengan sangat.

  4. Sudah seyogyanya bagi orang yang berdoa untuk memperbanyak meminta Allah  agar dikabulkan doanya.

  5. Sudah seyogyanya bagi orang yang berdoa agar berdoa untuk dirinya, orang tua dan juga anak keturunannya.

  6. Sudah sepatutnya agar doa seseorang adalah terkait dengan tujuan dan tuntutan agama; sebab itu adalah tujuan dan maksud yang paling penting; dan itulah yang akan menjadi kebahagiaannya di dunia dan akhirat.

  7. Bahwa doa merupakan benteng bersandarnya para nabi dan rasul serta kaum shalihin.

0 komentar:

Posting Komentar